BERITA

 
 
PELATIHAN BAGI GURU INTI DAN PENGURUS MGMP MATA PELAJARAN KIMIA, FISIKA, BIOLOGI SMA DAN IPA SMP DENGAN TEMA: PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN IPA BERBASIS INKUIRI
 
  Oleh. Infopub/Rinrin - PPPPTK IPA-Bandung, Tgl. 14-09-2017  
 


 
 

PPPPTK IPA pada tahun 2017 memprogramkan pelatihan bagi guru inti dan pengurus MGMP mata pelajaran Kimia, Fisika, Biologi SMA dan IPA SMP dengan tema: Pengembangan Pembelajaran IPA berbasis Inkuiri. Kegiatan dilaksanakan selama 10 (sepuluh) hari mulai tanggal 4 s.d 13 Juli 2017di PPPPTK IPA, Bandung, Jawa Barat. Program ini akan dilakukan melalui tahapan kegiatan sebagai berikut, (1) pelatihan guru inti dan pengurus MGMP, pada tahap ini guru inti dan pengurus MGMP akan dibekali tentang konsep inkuiri dengan 6 level learning sequence-nya dan keterampilan  merancang learning sequence dalam pembelajaran IPA, kimia, fisika, dan biologi; tahap (2) On the job learning atau praktik di tempat kerja, pada tahap guru inti dan pengurus MGMP akan mendapat pendampingan merancang RPP berbasis inkuiri dan menerapkan unit pembelajaran berbasis inkuiri; tahap (3) diseminasi, pada tahap ini guru inti dan pengurus MGMP akan mendiseminasikan hasil pelatihan dan OJL kepada guru-guru di MGMP masing-masing.

Kegiatan IN-1 dilaksanakan di PPPPTK IPA dengan tujuan untuk membekali dan guru inti dan pengurus MGMP  mengenai konsep inkuiri dengan menggunakan pendekatan  level-level inkuiri sehingga memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan pembelajaran IPA berbasis Inkuiri.  OJL terbagi menjadi dua kegiatan utama, yaitu (1) pembimbingan penyusunan RPP secara daring sesuai sequence of learning yang telah dihasilkan pada kegiatan IN-1 selama 4 sesi dalam waktu 5 minggu (60 JP) dan (2) pendampingan pelaksanaan pembelajaran menggunakan unit pembelajaran yang telah dikembangkan Tim PPPPTK IPA di kelas dengan alokasi waktu 24 JP. IN 2 berupa diseminasi pembelajaran IPA berbasis Inkuiri, dilaksanakan di MGMP, difasilitasi oleh Pengurus dan Guru Inti.  Pelaksanaan diseminasi dilaksanakan dengan pola 50 JP.

Peserta kegiatan ini adalah guru inti dan ketua atau pengurus MGMP (masing-masing satu orang) yang mewakili 15 MGMP IPA, 15 MGMP Fisika, 15 MGMP Kimia, dan 15 MGMP Biologi dari 22 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Bali, dan Kalimantan Tengah. Sebaran MGMP yang diwakili per kabupaten/kota/provinsi. Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini: meningkatnya pemahaman terhadap materi diklat yang dipelajari; terbentuknya sikap yang positif terhadap pembelajaran IPA berbasis inkuiri; delapan contoh learning sequence pada topik terpilih; delapan perangkat instrumen pembelajaran berbasis inkuiri kategori Higher Order Thinkings (HOTs); laporan kajian unit pembelajaran IPA berbasis inkuiri; Rencana Tindak lanjut. (RH).

Foto p2km

 
     
 

BERITA Terkini| Index BERITA | BERITA Sebelumnya>>>
 

 
       


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam
(PPPPTK IPA)

Copyright (c) 2013 www.p4tkipa.org All rights reserved
Design by yokivox@gmail.com. Design provided by ICT Departement of PPPPTK IPA Bandung.